Minggu, 06 Mei 2012

Batu Saluran Kencing

*Apa Itu Batu Saluran Kencing?*

Batu yang terdapat pada sistem saluran kencing mulai dari ginjal, ureter, kandung kencing, dan uretra.
Batu ginjal dapat tertahan di ginjal atau pecah dan turun ke ureter.  Batu kecil dapat keluar dari badan secara spontan tanpa menimbulkan nyeri yang berlebihan, sedangkan yang besar dapat terhambat pada ureter, kandung kencing atau uretra dan menimbulkan gangguan aliran air kencing dan rasa nyeri yang hebat.


*Seperti Apa Batu Saluran Kencing Itu?*

Batu saluran kencing dapat berukuran kecil seperti pasir atau besar seperti bola golf. Permukaannya bisa halus atau kasar. Umumnya berwarna kuning atau coklat.


*Seperti Apa Gejala Batu Saluran Kencing?*

Nyeri pinggang - Nyeri pinggang adalah keluhan yang paling sering dirasakan. Bervariasi mulia dari ringan hingga berat. Ciri khasnya adalah nyeri yang dirasakan hilang timbul. Biasanya dirasakan selama 20 sampai 60 menit. Dan dapat menjalar ke arah perut.

Kencing merah atau berdarah - Hampir semua pasien dengan batu saluran kencing terdapat darah pada air kencingnya. Warna air kencing dapat berwarna merah jambu atau bahkan kemerahan, tetapi kadang seperti warna air kencing normal, namun bila dilakukan pemeriksaan laboratorium dapat ditemukan sel darah.


Keluhan lain - Dapat berupa mual atau muntah. Nyeri saat berkencing. Atau rasa terdesak untuk berkencing hingga tidak dapat berkencing sama sekali. Dapat pula disertai dengan demam.


Tidak ada keluhan - banyak pasien dengan batu saluran kencing tidak memiliki keluhan sama sekali. Dan diketahui pada pemeriksaan rontgent untuk keperluan lain.





*Bagaimana Caranya untuk Mengetahui Adanya Batu Saluran Kencing?*

Selain melalui keluhan dan pemeriksaan fisik, batu saluran kencing dapat diketahui melalui pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan penunjang lain berupa USG, rontgent konvensional atau CT - Scan.


*Bagaimana Penanganan Batu Saluran Kencing?*

Penangannnya bergantung pada beratnya keluhan, besar, serta lokasi batu.

Pengobatan dirumah - dengan minum air putih yang cukup dibantu dengan obat anti nyeri dan obat yang dapat membantu mempercepat keluarnya batu secara spontan.


Extracorporeal Shock Wave Litotripsi (ESWL) - merupakan metode tidak invasif dengan menggunakan mesin gelombang kejut dari luar badan pasien yang aliran energinya diarahkan untuk menghancurkan batu.


Percutaneus Nefrolitotripsi (PCNL) - merupakan teknik bedah minimal dengan sayatan kecil pada punggung untuk memasukkan alat khusus ke dalam ginjal untuk mengahancurkan dan mengeluarkan batu.


Ureterorenoscopy (URS) - merupakan tindakan bedah minimal tanpa sayatan. Sebuah alat khusus dimasukkan melalui saluran uretra pasien dan kemudian diarahkan hingga lokasi batu. Batu kemudian dihancurkan dan dikeluarkan.


Pembedahan Terbuka - pada beberapa keadaan, pembedahan terbuka masih merupakan pilihan terbaik.




Diskusikan dengan dokter Anda, penanganan apa yang terbaik untuk Anda yang menderita "Batu Saluran Kencing"








Sumber : Rumah Sakit Awal Bros, Pekanbaru, Riau, Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kata - Kata Mutiara

Kamus Bahasa Indonesia

Mention Me on Twitter (y)